foto 1 foto 2


Student Login





Remember Me


Testimonial

Sejak bergabung di St. Ignatius, saya tertarik dengan cara pengajarnya mengajar. Saya sangat terbantu setelah les di sini. Kita juga mendapat bimbingan moral dan mental yang merupakan bekal kesuksesan.
Ardhia Kusuma P — SMA Kusuma Bangsa
PMDK Fak. Kedokteran UI
Emang bener…!!! St. Ignatius is The First Choice to The Best Future.
Penasaran?
Cobain aja sendiri…!!!
Mirayunita Pandora — SMA Xaverius 1
PMDK Fak. Kedokteran Unsri
Selama belajar di St. Ignatius rasanya menyenangkan, fasilitasnya lengkap, cara belajarnya juga santai dan enak… Saya mendapatkan banyak pengalaman dari belajar di St. Ignatius. Thanks St. Ignatius
Marchy Tio — SMA Xaverius 1
Teknik Elektro ITB
Belajar di St. Ignatius sangat menyenangkan. Guru-gurunya berpengalaman dan profesional. Fasilitasnya yang lengkap membuat kita nyaman saat belajar. Thanks St. Ignatius
Richard Togi Lumban Tobing — SMA N Plus 17
Peraih Nilai UN SMA Tertinggi 2008 & PMDK Fak. Kedokteran UNSRI
St. Ignatius bimbel terbaik yang pernah saya ikuti. Sukses St. Ignatius.
Gito Restiansyah W — SMA Negeri 5
PMDK Fak. Kedokteran UNSRI
Belajar di St. Ignatius tersedia program belajar khusus untuk kuliah dan mendapatkan beasiswa ke luar negeri. Hasilnya saya sekarang telah diterima di NUS. Terima kasih St. Ignatius!
Andre Setiawan — Nasional University of Singapore, NUS
St. Ignatius manthap bgt deh pokoknya! Terutama TO nya, bener² sangat membantu. Pengajarnya ramah & sabar bgt. Temen-temennya juga enak..hehe. Ga nyesel de masuk St. Ignatius
Grace Pohan — SMAK 1 BPK Penabur
St. Ignatius OK! Awalnya memang terasa mahal, tapi setelah belajar di St. Ignatius, hasilnya memuaskan. Pokoknya belajar di St. Ignatius tidak rugi. Apalagi, St. Ignatius juga membantu dalam pelajaran sekolah. Untuk yang ingin masuk St. Ignatius, semoga sukses masuk NTU/NUS
Eric Aliwarga — SMAK Kolese Kanisius
Kayak paket nasi uduk, komplit, dan lengkap banget! Pokoknya, buat mereka yang mau masuk NTU/NUS, joining St. Ignatius education center is the best thing u could ever make! Materinya pas banget n u got all u need to prepare yourself fot NTU/NUS’s admissions. Dijamin gak bakal nyesel deh!
Maria Fransiska Tanujaya — SMAK Santa Ursula
Metode pengajaranya cukup bagus. Gak serius terus, ada bercandanya juga jadi ga bosen. Terus juga soal-soal TO nya juga jauh lebih susah lagi dari soal tes aslinya. Pokoknya makasih banget St. Ignatius sehingga saya bisa diterima di NTU.
Meigi — SMAK 3 Penabur
St. Ignatius sangat membantu dalam mempersiapkan tes masuk NTU. Saya tidak tahu bagaimana bisa mengerjakan tes kalo tidak belajar di sini karena bahannya tidak diajarkan di pelajaran sekolah! Koko dan Cici di sini sangat suportif lagi! St. Ignatius memang education center yang oke!
Elsa Yudhita Yusra — SMA Negeri 8

Testimonial »

on Facebook

REVOLUSINER CARA BELAJAR dengan METODE MIND MAPPING

September 2nd, 2009

I. Latarbelakang

Otak manusia seperti Raksasa yang sedang tidur “Your Brain is like a sleeping giant” ungkapan di atas oleh Tony Buzan ( pencipta Mind Map ) bukanlah berlebihan, karena Manusia baru menggunakan otaknya kurang dari 1% saja dan penyebabnya adalah ketidaktahuan manusia tentang manajemen otak, yaitu bagaimana ( how to …) menggunakan otak secara benar dan efisien.

Salah ilmuwan jenius abad ini, Albert Einstein mengatakan bahwa di dunia ini hanya ada dua hal yang tidak terbatas, yakni Alam semesta dan otak manusia.

Seringkali kita menemukan orangtua yang mengeluh kesulitan tentang anaknya harus menghafal pelajaran yang begitu banyak. Dan setelah beberapa hari, pelajaran yang dihapal tersebut hilang (lupa) dan si Anak tersebut harus menghapal kembali sehingga membutuhkan waktu lagi untuk mengulangi pelajaran tersebut. Proses belajar seperti di atas merupakakan proses belajar linear ( menoton dan terpola ) yang hanya mengandalkan otak kiri saja dalam belajar sehingga menyebabkan kebosanan otak.

Akan tetapi, kita juga sering mendengar keluhan orang tua tentang anaknya yang menghabiskan waktunya berjam-jam bermain game, menonton film kartun, atau membaca komik. Dan si Anak sangat “Fun” terhadap aktivitas tersebut. Hal disebabkan dalam Film Kartun/Komik/Games selalu ada unsur gambar, warna, cerita ( khayalan ) dan emosi yang terlibat ( senang, Sedih, Seru, semangat ) di samping teks ceritanya.

Ketidakseimbangan antara beban otak kiri dengan otak kanan inilah yang mengakibatkan pemakaian otak tidak optimal.

Faktor penyebabnya adalahpenggunaan otak sebelah kiri yang berlebihan / Overload, antara lain :

  1. Hampir semua aktivitas kita menggunakan organ tubuh sebelah kanan berarti menggunakan Otak Kiri.
  2. Kegiatan anak didominasi kegiatan menulis, mencatat, membaca buku, koran, majalah, dll juga aktivitas otak kiri.
  3. Materi pelajaran Sekolah juga lebih dominan menggunakan otak kiri, seperti Matematika, IPA, IPS, dan Bahasa.

sedangkan aktivitas otak kanan seperti bermain musik, menggambar, fotografi, dll jarang digunakan bahkan frekuensi lebih sedikit. Padahal daya ingat (memori) otak kanan (otak kreatif) lebih kuat/lama dibandingkan otak kiri ( otak analisis ).

Sebagai Contoh : Lebih mudah mengingat wajah seseorang (Gambar = otak kanan) ketimbang mengingat nama orang ( Kata / huruf =  Otak kiri ).

Dari dua kejadian dan aktivitas di atas, bila diselidiki lebih lanjut, “suasana hati dan kenyamanan otak” sangat menentukan aktivitas yang disenangi seorang anak. Untuk itu agar Belajar menjadi lebih  menyenangkan, maka harus melibatkan kedua belah otak  ”Use Both Sides of your Brain“.

II. Ruang Lingkup Mind Mapping

Salah Revolusioner Cara Belajar Abad ini yang menggunakan seluruh Potensi dan kapasitas otak serta bekerja sesuai dengan cara kerja alami otak adalah Metode Mind Map

Mind Map adalah salah satu sistem yang menggunakan prinsip manajemen otak ( Brain Management ) untuk membuka seluruh Potensi dan kapasitas otak yang masih tersembunyi.

Mind Map merupakan salah satu sistem pembelajaran yang paling banyak dipakai dalam hal membantu anak belajar secara lebih efektif, efisien dan menyenangkan (Learning is Fun) serta terbukti dan mendapat pengakuan di seluruh dunia.

Mind Mapping setiap anak adalah unik, karena Pancaran Pikiran (Radiant Thingking ) setiap Individu berbeda-beda

Misalnya Anda disuruh membayangkan buah Durian maka bayangan Si A, Durian itu enak, pulen, kuning, manis, ada durinya, dll. Sedangkan bayangan si B bisa saja Durian itu jijik, mabuk, lembek, dll

Unsur pokok dalam suatu Mind Map atau Hukum Grafis Mind Map meliputi :

  • Pusat Mind Map / Center Image yang berisi Gagasan Utama / Judul / Tema
  • Cabang Utama / BOI ( Basic Ordering Ideas ) yang berisi Sub-bab / Kerangka Karangan
  • Cabang yang berisi Keterangan

Mind Map ibarat seperti suatu Pohon yang terdiri atas Pohon ( Center Image ), Dahan ( BOI = Basic Ordering Idea ), Ranting = Keterangan, dan Daun = detil.

Unsur Pendukung dalam Mind Map, antara lain :

  • Gambar
  • Warna dan
  • Tata Ruang

Setelah mengenal Hukum Grafis Mind Map, langkah berikut adalah Bagaimana Meringkas Materi Pelajaran yang kemudian dituangkan dalam Mind Map. Langkah-langkahnya antara lain :

  • Membaca terlebih dahulu seluruh Isi Materi dan Memahami secara Materi secara Utuh.
  • Pilih Kata-Kata kunci / Istilah Penting / Kalimat Utama dan disusun secara acak dulu.
  • Setelah Seluruh Kata-kata Kunci selesai ditemukan, kemudian diatur kembali kata kunsi tersebut sehingga menjadi struktur yang paling mudah dipahami dan dimengerti.

III. CARA BELAJAR dengan METODE MIND MAPPING

Metode Mind Map telah teruji dan terbukti efektif dalam meningkatkan cara belajar siswa, bahkan beberapa perusahaan korporasi dunia telah menerapkan sistem ini dalam manajemennya, seperti General Motors, IBM, Boeing, dll

Mind Map merupakan Solusi Wajib dalam Belajar yang efektif dan Menyenangkan ( Fun ), karena

  1. Mind Map cara kerjanya sesuai dengan cara kerja alami otak manusia yakni Radiant Thinking / Pancaran. Sehingga belajar lebih menyenangkan karena tidak dipaksakan pola pikirnya.
  2. Mengoptimal Otak kiri dan Otak Kanan secara seimbang, yakni Aktivitas Otak Kiri seperti Tulisan, Urutan Penulisan, Hubungan antarkata dan Otak Kanan seperti Warna, Gambar, Dimensi.
  3. Belajar jauh lebih Efektif, karena hanya membutuhkan Kata-kata Kunci (15%) dari keseluruhan Teks.
  4. Gambar yang mengaktifkan Otak Kanan dan Warna yang menyenangkan Otak
  5. Pengelompokan Informasi, Hierarki Informasi, Hubungan antar Informasi, Tata ruang, dan Unik.
  6. Mind Map dapat dipakai untuk berbagai Subjek Pelajaran bahkan Mind Map untuk Perencaan Hidup, Aktivitas Rumah tangga ( Sumber Pemasukan dan Pengeluaran ), Program Studi / Masa Depan, dll

Agar Penggunaan Mind Map menjadi efektif, maka harus adanya dukungan dari orang tua di rumah dan guru di sekolah, antara lain Menjadikan Mind Map sebagai suatu kebiasaan Baru. Otak itu ibarat seperti otot,  Semakin dilatih semakin kuat dan terampil. Begitu juga keterampilan anak dalam membuat Mind Map.

Peran Orang Tua di Rumah

  1. Setiap selesai satu bab pelajaran, mintalah anak untuk segera Mind Map.
  2. Biasakan anak untuk meminta tanda tangan/Paraf pada lembar kerja Mind Map.
  3. Memberi nilai dan Pujian pada setiap hasil karya Mind Map.
  4. Menyimpan karya besar otak Anda “My Brain Masterpiece” dalam Folder khusus.
  5. Saat ulangan, pastikan Anak menggunakan Mind Map untuk melakukan kaji ulang (Recall)
  6. Tunjukkan betapa Efisien dan efektif Mind Map dalam hal belajar.

Peran Guru di Sekolah

  1. Menerangkan Materi Pelajaran dengan Metode Mind Map
  2. Membiasakan Peserta Didik menjawab Materi Ujian dengan Kata-Kata kunci, sedangkan cara Penjelasannya dapat menggunakan kata-kata sendiri / Bukan dihapal mati.
  3. Membiasakan siswa memahami Materi Pelajaran, Logika Berpikir, dan Argumentasi.
  4. Membiasakan siswa memaparkan Isi Materi Pelajaran dan Presentasi dengan Mind Map.
  5. Penugasan Ringkasan Materi dalam bentuk Mind Map, sehingga menghasilkan Ide yang unik ( berbeda tiap individu ),

Sehingga proses contek-mencotek dapat dihindarkan.

IV. Kesimpulan

Mind Map adalah suatu sistem yang dapat mengoptimalkan penggunaan otak kiri dan kanan secara seimbang melalui media Tulisan, Gambar, Warna, dan tata ruang. Dengan Mind Map belajar menjadi lebih menyenangkan, karena cara kerja Mind Map mengikuti cara kerja alami otak/tidak dipaksakan. Mind Map dapat digunakan pada berbagai subjek pelajaran, baik Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Perencanaan hidup, Aktivitas Siswa, dan lain-lain.

Sumber Materi :

  1. Buku Pintar Mind Map, Tony Buzan, Penerbit Gramedia.
  2. Memahami Peta Pikiran, Tony & Barry Buzan, Penerbit Interaksara
  3. Mind Map Langkah demi Langkah, Sutanto Windura, Penerbit Elexmedia Komputindo

No Responses to “REVOLUSINER CARA BELAJAR dengan METODE MIND MAPPING”

Leave a Reply

  • Media Komunikasi

    SEGERA dibuka …

    Ignatius Brillian Class

    Fasilitas & Keunggulan
    # Ruang Full AC & Nyaman
    # Ruang Komputer & Free Wifi Internet
    # Ruang Bahasa & Full English Senin s.d Jum`at
    # Perpustakaan & Ruang Tunggu VIP
    # LCD Projector – TV LCD dan Audio Theatre

    Target Program
    # Full Layanan PR – Ulangan Harian – Semester
    # O`Level – A`Level International Certificate
    # IELTS – TOEFL – SAT 1-2 International Certificate
    # Persiapan Olimpiade - OSN – Kuark – Pasiad
    # Persiapan Beasiswa ASEAN & Secondary Singapore
    # Persiapan Beasiswa NTU – NUS – SMU – Japan – Hongkong University

    Syarat Pendaftaran
    # Mengisi Formulir Pendafatarn
    # Biaya Pendaftaran Rp 100.000,-
    #Lulus Tes Potensi Akademik, Matematika dan Inggris

     

    DAPATKAN BEASISWA BELAJAR Ignatius …
    hingga Rp 2 Juta / Tahun dengan Total Beasiswa Rp 250 Juta …

    Kesempatan ini terbuka untuk seluruh …
    # Siswa kelas 3 s.d 6 SD
    # Siswa kelas 1 s.d 3 SMP
    # Siswa kelas 1 s.d 3 SMA

    Syarat-syarat Seleksi
    # Mengisi Formulir Pendaftaran + Photo 3 x 4
    # Mengikuti Tes Matematika dan Bhs.Inggris
    # Biaya Pendaftaran Rp 20.000,-

    Masa Pendaftaran : 10 Februari – 6 Maret 2010
    Tes Beasiswa : Minggu, 7 Maret 2010
    Tempat Tes : Auditorium St.Ignatius
    Jl. Veteran F3 Telp. (0711) 35 35 99 – 377 159
    Tempat Pendaftaran : Cabang –cabang St. Ignatius Education & Training Center

    Percayakan Putra/i Anda … bersama Bimbingan Belajar yang telah terbukti kualitas dan lulusannya …
    Raih cita-cita Anda dimulai dengan langkah kecil … dan Pastikan St.Ignatius sebagai …
    Persiapan Masa Depan Terbaik