foto 1 foto 2


Student Login





Remember Me


Testimonial

Sejak bergabung di St. Ignatius, saya tertarik dengan cara pengajarnya mengajar. Saya sangat terbantu setelah les di sini. Kita juga mendapat bimbingan moral dan mental yang merupakan bekal kesuksesan.
Ardhia Kusuma P — SMA Kusuma Bangsa
PMDK Fak. Kedokteran UI
Emang bener…!!! St. Ignatius is The First Choice to The Best Future.
Penasaran?
Cobain aja sendiri…!!!
Mirayunita Pandora — SMA Xaverius 1
PMDK Fak. Kedokteran Unsri
Selama belajar di St. Ignatius rasanya menyenangkan, fasilitasnya lengkap, cara belajarnya juga santai dan enak… Saya mendapatkan banyak pengalaman dari belajar di St. Ignatius. Thanks St. Ignatius
Marchy Tio — SMA Xaverius 1
Teknik Elektro ITB
Belajar di St. Ignatius sangat menyenangkan. Guru-gurunya berpengalaman dan profesional. Fasilitasnya yang lengkap membuat kita nyaman saat belajar. Thanks St. Ignatius
Richard Togi Lumban Tobing — SMA N Plus 17
Peraih Nilai UN SMA Tertinggi 2008 & PMDK Fak. Kedokteran UNSRI
St. Ignatius bimbel terbaik yang pernah saya ikuti. Sukses St. Ignatius.
Gito Restiansyah W — SMA Negeri 5
PMDK Fak. Kedokteran UNSRI
Belajar di St. Ignatius tersedia program belajar khusus untuk kuliah dan mendapatkan beasiswa ke luar negeri. Hasilnya saya sekarang telah diterima di NUS. Terima kasih St. Ignatius!
Andre Setiawan — Nasional University of Singapore, NUS
St. Ignatius manthap bgt deh pokoknya! Terutama TO nya, bener² sangat membantu. Pengajarnya ramah & sabar bgt. Temen-temennya juga enak..hehe. Ga nyesel de masuk St. Ignatius
Grace Pohan — SMAK 1 BPK Penabur
St. Ignatius OK! Awalnya memang terasa mahal, tapi setelah belajar di St. Ignatius, hasilnya memuaskan. Pokoknya belajar di St. Ignatius tidak rugi. Apalagi, St. Ignatius juga membantu dalam pelajaran sekolah. Untuk yang ingin masuk St. Ignatius, semoga sukses masuk NTU/NUS
Eric Aliwarga — SMAK Kolese Kanisius
Kayak paket nasi uduk, komplit, dan lengkap banget! Pokoknya, buat mereka yang mau masuk NTU/NUS, joining St. Ignatius education center is the best thing u could ever make! Materinya pas banget n u got all u need to prepare yourself fot NTU/NUS’s admissions. Dijamin gak bakal nyesel deh!
Maria Fransiska Tanujaya — SMAK Santa Ursula
Metode pengajaranya cukup bagus. Gak serius terus, ada bercandanya juga jadi ga bosen. Terus juga soal-soal TO nya juga jauh lebih susah lagi dari soal tes aslinya. Pokoknya makasih banget St. Ignatius sehingga saya bisa diterima di NTU.
Meigi — SMAK 3 Penabur
St. Ignatius sangat membantu dalam mempersiapkan tes masuk NTU. Saya tidak tahu bagaimana bisa mengerjakan tes kalo tidak belajar di sini karena bahannya tidak diajarkan di pelajaran sekolah! Koko dan Cici di sini sangat suportif lagi! St. Ignatius memang education center yang oke!
Elsa Yudhita Yusra — SMA Negeri 8

Testimonial »

on Facebook

Langkah Awal Menuju Olimpiade SAINS

August 7th, 2009

I. Latar Belakang

Negara kita memiliki kekayaan Alam yang Berlimpah dan dari 200-an Juta Penduduk Indonesia tersimpan bibit-bibit potensial yang memiliki Kemampuan Khusus, seperti kutipan dari Harian Kompas, 30 Juli 2009 berikut ini …

… baru sekitar 9.551 Siswa Cerdas dan Berbakat Istimewa Mendapat Layanan Khusus di Sekolah. Dan diperkirakan ada 2,2 persen anak usia Sekolah atau 1,05 juta anak sekolah memiliki kualifikasi Cerdas Istimewa.

Dari Wacana tersebut, Jelas sudah bagi kita bahwa Negara kita bukan hanya kaya dalam Kekayaan Alam ( Natural Resource ), tetapi juga kaya akan Sumber Daya Manusia ( Human Resource ). Sayangnya kedua kekayaan tersebut belum dimanfaatkan secara optimal. Minimnya Fasilitas Penunjang Pendidikan seperti Dana Research yang rendah, Perhatian akan siswa berbakat Istimewa yang kurang, dan Pembinaan dan Motivasi akan Siswa Berbakat Istimewa di daerah-daerah khususnya di luar Jawa hampir tidak ada.

Sebagai Perbandingan, Negara tetangga kita Singapura, Meskipun tidak memiliki Kekayaan Alam tetapi mampu menjadi Negara yang Kaya, Hal dikarenakan Negara Singapura mempunyai Konsep Pendidikan ( Blue Print ) yang Jelas dalam meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia. Dengan Kekayaan Sumber Daya Manusia yang berlimpah juga menjadi daya tarik investor dalam menanamkan Investasi di Singapura.

Jadi, Pembinaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia wajib perhatian Utama Bangsa kita, sehingga kandungan Alam yang berlimpah ruah dapat digali oleh Anak-anak Bangsa Sendiri dan untuk Kesejahteraan Bersama.

II. Ruang Lingkup Langkah Awal Menuju Olimpiade SAINS

Seperti kata Orang Bijak, “Mulailah dari Langkah Kecil sebelum Memulai Langkah yang Besar”. Demikian juga Persiapan Olimpiade Matematika & SAINS dapat dimulai dari hal yang kecil, yakni Seleksi Tingkat Sekolah, Menyusun Program Pembinaan, Menyiapkan Materi Pembinaan, Metode Pembinaan dan Kompetisi ( Try Out ).

Berikut ini Langkah-langkah yang dapat di tempuh suatu Sekolah untuk Menyusun Program Olimpiade, antara lain :

  1. Seleksi Tingkat Sekolah
    Sebenarnya semua Sekolah mempunyai kemampuan yang sama untuk menyiapkan Anak-anak didiknya menjadi Juara Olimpiade asal Sekolah tersebut mempunyai Keinginan yang kuat dan Kontinu dalam Persiapan. Sekolah-sekolah yang dapat melahirkan juara-juara Olimpiade adalah Sekolah yang telah memiliki Program yang Jelas, mulai dari Seleksi Siswa     hingga Pembinaan.Seleksi ini dapat dimulai dari Nilai Akademik Sekolah ( Rapor Sekolah ), Tes Tertulis yang meliputi Matematika – IPA, Tes Potensi Akademik ( TPA ) atau Tes Intellegency Quatity ( IQ ) dan Interview untuk mengetahui Motivasi Internal Siswa.
  2. Menyusun Program Pembinaan
    Program yang disusun meliputi Program Jangka Pendek, Jangka Menengah dan Jangkah Panjang.Program Jangka Pendek ( misalnya 3 bulanan ) meliputi Target Materi Konsep, Evaluasi Hasil Belajar, Tingkat Efektivitas Metode Pembinaan, Masalah dan Respon selama Pembinaan. Program Jangka Menengah ( misalnya 1 Tahunan ) meliputi Target yang telah dicapai dan akan dicapai seperti Persentase Peserta didik yang lolos tingkat Kota dan Tingkat Propinsi.Dan untuk Program Jangka Panjang ( 2-3 tahunan ) meliputi Target yang telah dicapai dan akan dicapai dalam Kompetisi Tingkat Nasional seperti OSN ( Emas, Perak atau Perunggu ).

    Isi Program Pembinaan antara lain meliputi :

    1. Menunjuk dan Menentukan Instruktur Pembinaan atau Pimpinan Proyek
      Instruktur Pembinaan dapat dipilih dari Guru Sekolah atau Lembaga / Universitas yang telah berpengalaman dalam Pembinaan Materi Olimpiade.
    2. Jadwal Pembinaan
      Jadwal Pembinaan dapat dilaksanakan di Luar Jam belajar Sekolah / Kegiatan Ekstra kulikuler sehingga Proses Belajar Mengajar di Sekolah tidak Terganggu. Idealnya Pembinaan dilaksanakan 2 kali seMinggu ( @ 2 Jam ). Jadwal ini telah disusun menurut Program Jangka Pendek, Jangka Menengah dan Jangka Panjang.
    3. Metode Pembinaan
      Ada beberapa Metode Pembinaan yang dapat dilakukan, antara lain :

      1. Metode Mind Mapping atau Memory Management
        Materi yang memerlukan ingatan yang tinggi, paling efektif menggunakan Metode Mind Mapping.
      2. Metode Analisis dan Eksplorasi
        Khusus materi yang memerlukan Penggunaan Konsep Matematika dapat menggunakan Metode Eksplorasi dan Analisis.
    4. Materi Pembinaan
      Materi Belajar mengacu pada kisi-kisi Olimpiade dan soal-soal Olimpiade. Materi tersebut meliputi Konsep Materi, Latihan Soal, Kuis dan Try Out. Selain itu Istilah Matematika dan SAINS dalam Bahasa Inggris juga sudah mulai diperkenalkan kepada siswa. Karena beberapa soal Olimpiade sering menggunakan Bahasa Inggris
    5. Alokasi Anggaran
      Alokasi Anggaran sangat diperlukan jika Sekolah menggunakan Pembinaan dari Luar Sekolah / Lembaga. Selain itu Alokasi Anggaran sangat diperlukan ketika Peserta mengikuti suatu Pertandingan, misalnya biaya untuk Akomodasi, Transportasi, dan Konsumsi.
  3. Uji Coba atau Try Out
    Untuk menghasilkan hasil Pembinaan yang Sempurna, harus dilakukan Try Out secara Berkala. Try Out sangat penting dalam membangun Mental Ujian Siswa dan sekaligus mengukur kesiapan dalam suatu Kompetisi.

III. Langkah Awal Menuju Olimpiade SAINS

Setelah terbentuk “Olympiad Community” atau Olimpiade Club, Langkah berikut yang paling penting dan sangat menentukan keberhasilan suatu Pembinaan terletak pada hubungan Siswa dan Instruktur Pembina. Seorang Intruktur yang baik harus memiliki jiwa untuk mendorong, mendidik dan memotivasi para Peserta didiknya. Selain itu sebaiknya Instruktur harus menjadi Partner dan sekaligus tempat curhat para Peserta didik tentang masalah-masalah timbul dalam menyelesaikan suatu soal.

Berikut beberapa Tips Langkah Awal sekaligus Kiat menjadi Juara Olimpiade, yakni:

Bagi Peserta didik, antara lain :

  1. Disiplin dan Mau Bekerja Keras serta Motivasi Internal yang kuat
    Peserta didik harus mempunyai Level Energi yang Tinggi selama Proses Pembinaan yang meliputi :

    • Disiplin dalam Latihan
    • Tekun, Sabar dan Tidak cepat menyerah dalam mengerjakan soal
    • Punya keinginan yang kuat / Motivasi diri  untuk menguasai soal-soal Olimpiade
    • Kreatif / Tidak terpaku pada satu cara atau metode
  2. Menambah Referensi Sumber Belajar
    Peserta didik juga harus aktif mencari Sumber-sumber Belajar / Materi Belajar melalui Buku-buku atau  Internet, Memahami Konsep Dasar / Teori suatu Materi serta Aktif mengikuti perkembangan materi Belajar dan Kompetisi.
  3. Memanfaatkan Forum Belajar Bersama
    Selain belajar dari Instruktur Pembina, sebaiknya Peserta didik dapat memanfaatkan media belajar lain seperti

    • Diskusi Kelompok bersama siswa lain dengan Visi yang sama
    • Diskusi Kelompok dalam Forum di Internet
    • Workshop dan Seminar Olimpiade baik tingkat Kota maupun Nasional

Bagi Pembina / Pembimbing, antara lain :

Seperti sudah disebutkan di atas, Keberhasilan seorang Pembina adalah terletak pada kemampuan untuk mendorong, penguasaan materi dan Motivasi kepada peserta didik. Beberapa hal yang harus dilakukan oleh seorang Pembina antara lain :

  1. Melakukan Pembinaan secara Kontinu
  2. Mengajarkan Konsep Teori dan Mengerjakan Soal dengan berbagai cara / kreatif
  3. Aktif menambah Wawasan Keilmuwan SAINS
  4. Rajin Mencari materi Soal dan Buku Penunjang dari Dalam dan Luar Negeri
  5. Terjadi Diskusi antara Siswa dengan Pembina mengenai Teknik Pengerjaan Soal.

IV. Kesimpulan

Suatu Program Pembinaan akan mencapai hasil yang optimal, jika Program yang dibuat mendapatkan dukungan baik dari semua pihak, yakni Sekolah, Instruktur Pembina dan Siswa. Dan Program tersebut harus mempunyai Cetak Biru ( Blue Print ) mulai dari Seleksi Program, Penyusunan Program, dan Evaluasi Program secara Kontinu.

No Responses to “Langkah Awal Menuju Olimpiade SAINS”

Leave a Reply

  • Media Komunikasi

    SEGERA dibuka …

    Ignatius Brillian Class

    Fasilitas & Keunggulan
    # Ruang Full AC & Nyaman
    # Ruang Komputer & Free Wifi Internet
    # Ruang Bahasa & Full English Senin s.d Jum`at
    # Perpustakaan & Ruang Tunggu VIP
    # LCD Projector – TV LCD dan Audio Theatre

    Target Program
    # Full Layanan PR – Ulangan Harian – Semester
    # O`Level – A`Level International Certificate
    # IELTS – TOEFL – SAT 1-2 International Certificate
    # Persiapan Olimpiade - OSN – Kuark – Pasiad
    # Persiapan Beasiswa ASEAN & Secondary Singapore
    # Persiapan Beasiswa NTU – NUS – SMU – Japan – Hongkong University

    Syarat Pendaftaran
    # Mengisi Formulir Pendafatarn
    # Biaya Pendaftaran Rp 100.000,-
    #Lulus Tes Potensi Akademik, Matematika dan Inggris

     

    DAPATKAN BEASISWA BELAJAR Ignatius …
    hingga Rp 2 Juta / Tahun dengan Total Beasiswa Rp 250 Juta …

    Kesempatan ini terbuka untuk seluruh …
    # Siswa kelas 3 s.d 6 SD
    # Siswa kelas 1 s.d 3 SMP
    # Siswa kelas 1 s.d 3 SMA

    Syarat-syarat Seleksi
    # Mengisi Formulir Pendaftaran + Photo 3 x 4
    # Mengikuti Tes Matematika dan Bhs.Inggris
    # Biaya Pendaftaran Rp 20.000,-

    Masa Pendaftaran : 10 Februari – 6 Maret 2010
    Tes Beasiswa : Minggu, 7 Maret 2010
    Tempat Tes : Auditorium St.Ignatius
    Jl. Veteran F3 Telp. (0711) 35 35 99 – 377 159
    Tempat Pendaftaran : Cabang –cabang St. Ignatius Education & Training Center

    Percayakan Putra/i Anda … bersama Bimbingan Belajar yang telah terbukti kualitas dan lulusannya …
    Raih cita-cita Anda dimulai dengan langkah kecil … dan Pastikan St.Ignatius sebagai …
    Persiapan Masa Depan Terbaik