foto 1 foto 2


Student Login





Remember Me


Testimonial

Sejak bergabung di St. Ignatius, saya tertarik dengan cara pengajarnya mengajar. Saya sangat terbantu setelah les di sini. Kita juga mendapat bimbingan moral dan mental yang merupakan bekal kesuksesan.
Ardhia Kusuma P — SMA Kusuma Bangsa
PMDK Fak. Kedokteran UI
Emang bener…!!! St. Ignatius is The First Choice to The Best Future.
Penasaran?
Cobain aja sendiri…!!!
Mirayunita Pandora — SMA Xaverius 1
PMDK Fak. Kedokteran Unsri
Selama belajar di St. Ignatius rasanya menyenangkan, fasilitasnya lengkap, cara belajarnya juga santai dan enak… Saya mendapatkan banyak pengalaman dari belajar di St. Ignatius. Thanks St. Ignatius
Marchy Tio — SMA Xaverius 1
Teknik Elektro ITB
Belajar di St. Ignatius sangat menyenangkan. Guru-gurunya berpengalaman dan profesional. Fasilitasnya yang lengkap membuat kita nyaman saat belajar. Thanks St. Ignatius
Richard Togi Lumban Tobing — SMA N Plus 17
Peraih Nilai UN SMA Tertinggi 2008 & PMDK Fak. Kedokteran UNSRI
St. Ignatius bimbel terbaik yang pernah saya ikuti. Sukses St. Ignatius.
Gito Restiansyah W — SMA Negeri 5
PMDK Fak. Kedokteran UNSRI
Belajar di St. Ignatius tersedia program belajar khusus untuk kuliah dan mendapatkan beasiswa ke luar negeri. Hasilnya saya sekarang telah diterima di NUS. Terima kasih St. Ignatius!
Andre Setiawan — Nasional University of Singapore, NUS
St. Ignatius manthap bgt deh pokoknya! Terutama TO nya, bener² sangat membantu. Pengajarnya ramah & sabar bgt. Temen-temennya juga enak..hehe. Ga nyesel de masuk St. Ignatius
Grace Pohan — SMAK 1 BPK Penabur
St. Ignatius OK! Awalnya memang terasa mahal, tapi setelah belajar di St. Ignatius, hasilnya memuaskan. Pokoknya belajar di St. Ignatius tidak rugi. Apalagi, St. Ignatius juga membantu dalam pelajaran sekolah. Untuk yang ingin masuk St. Ignatius, semoga sukses masuk NTU/NUS
Eric Aliwarga — SMAK Kolese Kanisius
Kayak paket nasi uduk, komplit, dan lengkap banget! Pokoknya, buat mereka yang mau masuk NTU/NUS, joining St. Ignatius education center is the best thing u could ever make! Materinya pas banget n u got all u need to prepare yourself fot NTU/NUS’s admissions. Dijamin gak bakal nyesel deh!
Maria Fransiska Tanujaya — SMAK Santa Ursula
Metode pengajaranya cukup bagus. Gak serius terus, ada bercandanya juga jadi ga bosen. Terus juga soal-soal TO nya juga jauh lebih susah lagi dari soal tes aslinya. Pokoknya makasih banget St. Ignatius sehingga saya bisa diterima di NTU.
Meigi — SMAK 3 Penabur
St. Ignatius sangat membantu dalam mempersiapkan tes masuk NTU. Saya tidak tahu bagaimana bisa mengerjakan tes kalo tidak belajar di sini karena bahannya tidak diajarkan di pelajaran sekolah! Koko dan Cici di sini sangat suportif lagi! St. Ignatius memang education center yang oke!
Elsa Yudhita Yusra — SMA Negeri 8

Testimonial »

on Facebook

Belajar dengan Kurikulum Internasional

August 25th, 2009

I. Latar Belakang

Kerinduan akan suatu kurikulum yang stabil, yang tidak terus-menerus mengalami perubahan yang drastis, atau kurikulum yang terus berganti sebelum implementasi mencapai hasil yang pasti serta keinginan untuk meningkatkan mutu dan lulusan yang yang memiliki daya saing internasional.

Maka dari itu Pemerintah dalam hal ini Departemen Pendidikan merumuskan suatu kurikulum yang merupakan perpaduan antara Kurikulum Nasional (KTSP) dan Kurikulum Internasional. Kurikulum Internasional yang banyak diadopsi dalam hal ini adalah Cambridge yang berpusat di Inggris dan IB ( International Baaclaurete ) yang berpusat di Swiss. Namun yang terbanyak dipakai sebagai acuan Sekolah Bertaraf Internasional (SBI) adalah Kurikulum Cambridge.

II. Ruang Lingkup Kurikulum Cambridge

Sebelum membahas Kurikulum Cambridge yang diadopsi Sekolah-sekolah Bertaraf Internasional (SBI) di Indonesia, ada beberapa yang hal yang sebaiknya diketahui yakni Sistem Ujian Cambridge itu sendiri.

Ujian Cambridge Atau Cambridge Assessment ( Agen Penguji bertaraf Internasional ) adalah suatu departemen dari University of Cambridge Inggris, sebuah lembaga non-profit yang didirikan pada tahun 1858, yang melaksanakan berbagai ujian dan memberikan penilaian atas ujian-ujian baik di Inggris maupun di luar Inggris.

Ada 3 macam Ujian yang dilakukan oleh Cambridge Assessement yakni :

  1. OCR ( Oxford Cambridge and RSA Examination )
    Melayani ujian bagi pelajar di Inggris dan memberikan kualifikasi akademis sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh
    QCA ( Qualifications and Curriculum Authority ) – Otoritas kualifikasi dari Pemerintah Inggris.
  2. Cambridge ESOL ( English for Speakers of Other Languages )
    Melayani berbagai ujian kemampuan berbahasa Inggris untuk Pelajar yang bahasa Ibunya bukan bahasa Inggris.
  3. CIE ( University of Cambridge International Examination )
    Melayani berbagai Ujian akademis, Kejuruan dan Keguruan berkualifikasi Internasinal seperti Kualifikasi umum
    Cambridge IGCSE, Cambridge International A`Level, Cambridge O`Level, Cambridge Pre-U atau Kualifikasi kejuruan
    Cambridge International Diploma.

    CIE telah bekerjasama dengan kementrian pendidikan, Otoritas pemberi kualifikasi dan Badan Penguji di berbagai negara di seluruh Dunia.

Note :

  • Ujian ESOL dan CIE hanya diselenggarakan di luar Inggris.
  • Cambridge ESOL menyelenggarakan Ujian yang meliputi Sekolah Dasar ( Young Learner Englsih ) dengan 3 Level
    Starter ( Kelas 1-2), Level Mover ( Kelas 3-4 ) dan Flyer ( Kelas 5-6).
  • CIE menyelenggarakan Ujian IGCSE dan O`Level pada usia 14-16 tahun dan 16-18 tahun A`Level dan AS Level ( Advanced Subsidiary )

III. Belajar dengan Kurikulum Internasional

Bagaimana dengan Penerapan Kurikulum Internasional “Cambridge” di Indonesia?

Kurikulum Cambridge ( CIE, Cambridge International Examination Curriculum ) yang diadopsi di Indonesia meliputi :

  • Grade X ( Kelas X SMA Indonesia )
    IGCSE ( International General Certificate of Secondary Education ) atau O`Level meliputi beberapa Learning Subjects Mathematics, Biology, Physics, Chemistry and ESL ( English As a Second Language ).
    IGCSE Exam meliputi :

    • Mathematics
      ( Short-Answer Questions ), ( Structured Questions )
    • Physics
      ( Multiple Choice ), ( Structured Questions ) dan ( Alternative to Practical )
    • Biology
      ( Multiple Choice ), ( Structured Questions ) dan ( Alternative to Practical )
    • Chemistry
      ( Multiple Choice ), ( Structured Questions ) dan ( Alternative to Practical )
    • ESL ( English As A Second Language )
      ( Reading & Writing ), ( Listening ) dan ( Speaking )

      Note : Ada 2 kali Ujian dalam 1 tahun ( Juni dan Resultnya Agustus, November Results Januari ). Hasil Ujian berupa A* ( A Star ) nilai tertinggi dan Nilai terendah G.

    • Cambridge ICE ( Cambridge International Certificate of Education adalah ijazah yang diberikan apabila kandidat telah melewati ujian 7 Mata pelajaran IGCSE yakni :
      • 2 Mata Pelajaran dari Languages Group
      • 1 Mata Pelajaran dari setiap Sciences Group, Mathematics Groups, Humanities and Social Sciences Group, Technical and Vocational Group
      • 1 Mata Pelajaran lagi bebas pilih dari kelima Group di atas.
      • Hasil Penilaian terdiri atas 3 kategori : Pass, Merit dan Distinction.

      Jika Siswa yang berhasil Lulus dan mendapatkan Sertifikat O`Level atau Cambridge ICE dapat melanjutkan :

      • Sekolah Langsung ke Luar Negeri melalui jalur College ( Diploma ) dan setelah 6 bulan – 1 tahun mengikuti mengikuti Diploma / Foundation Programme bisa melanjutkan ke S1 sekitar 3 tahun di Luar Negeri.
      • atau melanjutkan ke Program A`Level atau AS Level, dan setelah mendapat Sertifikat A`Level siswa dapat melanjutkan Perguruan Tinggi di Luar Negeri dengan lama 3 tahun tanpa perlu mengikuti Foundation Programme.
  • Grade XII ( Kelas XII SMA Indonesia )
    A Level atau AS Level ( A Level Penuh, AS setengah dari A`Level dan biasa diambil ditengah rentang waktu Program A`Level ) merupakan lanjutan dari IGCSE.

    • Materi Ujian seperti IGCSE dan Rentang nilai dari A sampai E serta U (ungraded) bila hasil ujian tidak memenuhi syarat penilaian sama sekali.
    • AICE ( Advanced International Certificate of Education ) adalah Ijazah yang diberikan apabila kandidat telah berhasil menempuh ujian AS Level atau A`Level dengan syarat :
      • Lulus dari paling tidak 1 Pelajaran dari setiap group ( Mathematics and Sciences Group, Languages Group, dan Arts and Humanities Group )
      • Mencapai minimal 6 Kredit dengan ketentuaan ( 1 mata pelajaran AS Level memiliki 1 Kredit sedangkan 1 mata pelajaran A`Level memiliki 2 Kredit ).
      • Jenjang Waktu tidak lebih dari 13 bulan.
      • Hasil Penilaian terdiri atas 3 kategori : Pass, Merit dan Distinction.

Bagaimana Cara Belajar di kelas Internasional ?

  1. Lecture Class
    Pada kelas ini, seluruh siswa dikumpulkan pada kelas yang besar ( Auditorium ), kemudian para peserta didik akan dijelaskan materi secara umum, seperti Penurunan/Penjabaran Rumus, Tujuan Materi dan Contoh Soal / Aplikasi Sederhana.
  2. Tutorial Class
    Kelas ini dirancang menjadi kelas kecil ( maksimum 15 orang ), kemudian para peserta didik belajar secara aktif dan dibimbing seorang guru bidang studi. Proses pembelajaran di kelas ini meliputi Diskusi secara Kelompok (Discussion ), Presentasi ( Presentation ) dengan menggunakan LCD Projector dan Power Point / Flash, Membahas Project/home assignment, Simulation dan Quiz, atau Role-Playing ( Permainan ) serta Experimental ( Lab Work ).
  3. Extra-Kulikuler
    Para Peserta didik wajib mengikuti salah satu kegiatan di luar pelajaran sekolah. Biasanya kegiatan ini diadakan setiap hari Sabtu. ( 5 hari belajar , Senin-Jum`at ). Kegiatan dapat meliputi Art ( Seni ), Sport ( Olah Raga ), Electronic ( Robotic ), dll

IV. Masalah dan Kesimpulan dari Belajar dengan Kurikulum Intenasional

Saat memilih Kelas Internasional, segudang harapan dan impian muncul dibenak para orangtua dan siswa. Impian untuk melanjutkan Kuliah ke Luar Negeri dengan Biaya Sendiri atau mungkin dengan Beasiswa Internasional sudah terbentuk dalam angan-angan. Selain itu dengan Kelas Internasional, harapan para orang tua, setidak-tidaknya anak-anak sudah terbiasa dengan bahasa Inggris sebagai bahan Pengantar, sehingga ketika melanjutkan studi di Luar Negeri atau Universitas bertaraf Internasional, para peserta didik sudah terbiasa dengan cara dan pola belajar Kurikulum Internasional.

Akan tetapi, menyekolahkan anak-anak di Program Internasional tidaklah mudah. Beberapa Orangtua bahkan para Siswa mengeluhkan beberapa hal sebagai berikut :

  1. Beban Belajar yang Berat
    Para Siswa/i mengeluhkan beban berganda, hal ini disebabkan kurikulum Sekolah Bertaraf Internasional SBI menjalankan dua kurikulum sekaligus yakni kurikulum Nasional (KTSP) dan Kurikulum Cambridge. Jadi para siswa pada akhir Sekolah para peserta didik harus menghadapi dua ujian Sekolah yaitu Ujian Negara (UN) dan Ujian Cambridge.
  2. Beban Biaya Berganda
    Dengan mengikuti Kelas Internasional – Sekolah Bertaraf Internasional, berarti para peserta harus menyiapkan anggaran untuk kedua Ujian tersebut atau setidaknya Persiapan untuk kedua Ujian tersebut.
  3. Bahasa Inggris sebagai Bahasa Pengantar
    Kendala bahasa merupakan faktor utama bagi peserta didik di kelas Internasional, Hal ini disebabkan para peserta didik harus menguasai Reading – Writing ( Pasif ) dan Speaking-Listening ( Aktif ). Kebanyakkan para peserta didik di Indonesia menguasai Bahasa Inggris secara pasif ( Tata Bahasa / Grammar ) dan tidak terbiasa dalam menulis.
  4. Kurikulum Berganda
    Dengan kurikulum berganda, sudah pasti Program ini lebih cocok untuk para peserta didik yang selain menguasai bahasa Inggris dengan baik juga harus memiliki Inteligensi  (IQ) dan Emotional EQ yang tinggi atau dengan kata lain Program ini

Lebih cocok untuk para peserta didik yang Cerdas dan Berbakat Istimewa.

Kesimpulannya :

Jadi untuk Belajar di Kelas Internasional – Sekolah Bertaraf Internasional, para peserta didik dan orang tua harus siap dengan Konsekuensi diatas yakni Beban Berganda ( Belajar berganda, Biaya Berganda, Bahasa Berganda dan Kurikulum Berganda ). Selamat Belajar di Kelas Internasional – Sekolah Bertaraf Internasional.

3 Responses to “Belajar dengan Kurikulum Internasional”

  1. Mau tanya nich,, saya punya sertifikat igcse hanya subjek math dg nilai A.. Untuk mlanjutkan studi ke luar negeri program kdoktran stngkat S1, sertifikat dg tingkat dan subjek apa saja yang diperlukan?? Trus dalam masa kuliahnya nanti biaya pndidikannya penuh atau tidak ya, kan mengingat biaya per subjek itu mahal sekali..
    Terima kasih bnyak atas infonya,.

    # 1
  2. mau tanya?untul melewati O’ level apa harus lulus ke 7 mata pelajaran yg disyaratkan?

    # 2
  3. kalau buku panduan umum tentang kuruikulum bertaraf internasional ada di toko buku ga????
    karena saya butuh informasi lebih lanjut tentang macam-macam kurikulum bertaraf internasional yang dipakai di Indonesia beserta penjelasannya….
    thank,

    # 3

Leave a Reply

  • Media Komunikasi

    SEGERA dibuka …

    Ignatius Brillian Class

    Fasilitas & Keunggulan
    # Ruang Full AC & Nyaman
    # Ruang Komputer & Free Wifi Internet
    # Ruang Bahasa & Full English Senin s.d Jum`at
    # Perpustakaan & Ruang Tunggu VIP
    # LCD Projector – TV LCD dan Audio Theatre

    Target Program
    # Full Layanan PR – Ulangan Harian – Semester
    # O`Level – A`Level International Certificate
    # IELTS – TOEFL – SAT 1-2 International Certificate
    # Persiapan Olimpiade - OSN – Kuark – Pasiad
    # Persiapan Beasiswa ASEAN & Secondary Singapore
    # Persiapan Beasiswa NTU – NUS – SMU – Japan – Hongkong University

    Syarat Pendaftaran
    # Mengisi Formulir Pendafatarn
    # Biaya Pendaftaran Rp 100.000,-
    #Lulus Tes Potensi Akademik, Matematika dan Inggris

     

    DAPATKAN BEASISWA BELAJAR Ignatius …
    hingga Rp 2 Juta / Tahun dengan Total Beasiswa Rp 250 Juta …

    Kesempatan ini terbuka untuk seluruh …
    # Siswa kelas 3 s.d 6 SD
    # Siswa kelas 1 s.d 3 SMP
    # Siswa kelas 1 s.d 3 SMA

    Syarat-syarat Seleksi
    # Mengisi Formulir Pendaftaran + Photo 3 x 4
    # Mengikuti Tes Matematika dan Bhs.Inggris
    # Biaya Pendaftaran Rp 20.000,-

    Masa Pendaftaran : 10 Februari – 6 Maret 2010
    Tes Beasiswa : Minggu, 7 Maret 2010
    Tempat Tes : Auditorium St.Ignatius
    Jl. Veteran F3 Telp. (0711) 35 35 99 – 377 159
    Tempat Pendaftaran : Cabang –cabang St. Ignatius Education & Training Center

    Percayakan Putra/i Anda … bersama Bimbingan Belajar yang telah terbukti kualitas dan lulusannya …
    Raih cita-cita Anda dimulai dengan langkah kecil … dan Pastikan St.Ignatius sebagai …
    Persiapan Masa Depan Terbaik